728x90

Friday 14 November 2014

DISTRO LINUX

Panduan memilih Distro

Distro disini adalah bentuk pendistribusian dari Linux. Karena Linux bisa dan mungkin hanya bisa di dapatkan dalam sebuah bundel yang lazim disebut dengan istilah Distro.
Sebuah distro linux terdiri dari :
Kernel Linux beserta sistem dasarnya
Program Instalasi
Tools basic
Package ( program yang sesuai dengan tujuan pembuatan distro )

Jenis-jenis Distro
RedHat, merupakan distro pertama yang instalasi dan pengoperasiannya mudah, dulu merupakan distro paling populer di Indonesia. Distro berbasis Redhat menggunakan binary RPM.
Debian, distribusi yang mengutamakan kestabilan dan kehandalan, meskipun mengorbankan aspek kemudahan dan kemutakhiran program. Debian menggunakan *.deb dalam paket instalasi programnya. Ubuntu dan turunannya yang sekarang populer ini termasuk di dalamnya.
Slackware, bisa dikatakan Linux untuk advance, hampir semua dokumentasi Linux disusun berdasarkan Slackware, Semua isinya ( kernel, library ataupun aplikasinya ) sudah teruji, mungkin tua tapi stabil, Slackware menganjurkan untuk menginstall dari source sehingga setiap program yang kita install teroptimasi dengan sistem kita. Slackware menggunakan
libc5 dalam binary/librarynya.
Suse, distribusi dari YaST (Yet another Setup Tools) untuk mengkonfigurasi sistem. Merupakan pertama kalinya distribusi linux yang penginstallannya menggunakan bahasa Indonesia.
Mandrake, merupakan varian dari RedHat yang dioptimasi untuk pentium, sekarang berkembang menjadi Mandriva dengan menampilkan performance grafis yang menarik
WinLinux, distro yang dirancang untuk diinstall di atas partisi DOS (Windows), untuk menjalankan bisa di-klik dari Windows atau seakan-akan suatu program aplikasi under Windows.

Tips Cara Pilih Distro
Cari distro yang banyak dipakai orang dan teman-teman dekat anda, hal ini akan mempermudah jika kita menemukan suatu kesalahan dan bisa untuk saling bertukar pikiran (share).
Pakai distro dengan paket program yang sesuai dengan yang kita inginkan.
Cari distro yang menyediakan buku panduan/manual secara gratis ( jika ingin belajar mandiri)
Gabung di milis atau komunitas pengguna linux, misal KPLI, ubuntu-id, BlankOn dan sebagainya.
Lihat terlebih dahulu info perkembangan distro llinux, dapat
dilihat di situs www.distrowatch.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: DISTRO LINUX Description: Rating: 5 Reviewed By: Unknown
Scroll to Top