728x90

Thursday 11 September 2014

Campus Area Network (CAN)




Campus Area Network (CAN) adalah jaringan komputer yang interconnect jaringan area lokal di seluruh wilayah geografis yang terbatas, seperti universitas kampus, sebuah perusahaan kampus, atau pangkalan militer. Hal ini dapat dianggap sebagai daerah metropolitan jaringan yang khusus untuk pengaturan kampus. Sebuah jaringan area kampus karena itu, lebih besar dari sebuah jaringan area lokal, tetapi lebih kecil dibandingkan dengan luas area network. Istilah ini kadang-kadang digunakan untuk merujuk ke kampus universitas, sementara istilah perusahaan jaringan area digunakan untuk merujuk kepada perusahaan, bukan kampus.

Sama halnya dengan perusahaan atau organisasi yang memiliki departemen yang berbeda dalam satu lokasi dan ini departemen dapat berkomunikasi satu sama lain menggunakan media komunikasi CAN (Campus Area Network). Dalam Area Networking Campus (CAN) sistem jenis yang sama berarti perangkat keras yang router, switch, hub, kabel dan titik sambungan nirkabel yang sama bahkan di beberapa bangunan. Kita dapat mengatakan bahwa semua sumber daya jaringan tesis dimiliki oleh organisasi yang sama. Jika kita berbicara tentang perusahaan koneksi internet,kita melihat bahwa salah satu universitas menggunakan koneksi yang sama untuk semua departemen nya. Dalam CAN (Campus Area Network), seperti koneksi internet, satu perusahaan telah berurusan dengan seluruh organisasi. 

Manfaat CAN adalah sebagai berikut:
·         Biaya efektif
·         Tidak menggunakan kabel ( Wireless)
·         Akses jaringan Multidepartmental
·         Tunggal berbagi kecepatan transfer data (DTR)

Walaupun tidak dianggap sebagai jaringan area luas, yang membentang CAN jangkauan setiap jaringan area lokal di dalam kawasan kampus sebuah organisasi. Dalam CAN, maka bangunan dari universitas atau perusahaan yang saling berhubungan dengan kampus yang sama jenis perangkat keras dan jaringan teknologi yang akan digunakan dalam satu LAN.Selain itu, semua komponen, termasuk aktif, router, dan kabel, serta koneksi nirkabel poin, dimiliki dan dikelola oleh organisasi.

Sebuah jaringan kampus adalah jaringan lokal ( LAN ) atau set LAN saling melayani korporasi, instansi pemerintah, universitas, atau organisasi serupa. Dalam konteks ini, kampus yang khas mencakup seperangkat bangunan di dekat. Para pengguna akhir dalam jaringan kampus dapat tersebar lebih luas (dalam arti geografis) daripada di LAN tunggal, tetapi mereka biasanya tidak tersebar karena mereka akan berada dalam Wide Area Network ( WAN ).

Perguruan tinggi dan kampus universitas jaringan interkoneksi bangunan administrasi, asrama, ruang akademik, perpustakaan, pusat mahasiswa, fasilitas olahraga, dan bangunan lain yang terkait dengan lembaga di sebuah kota atau lingkungan tertentu. Jaringan kampus perusahaan bangunan interkoneksi yang rumah departemen kunci dan anggota staf. Jaringan kampus perusahaan membentuk aspek yang dihadapi pengguna jaringan perusahaan yang lebih besar dalam wilayah geografis yang terbatas.

Dalam kasus yang ideal, semua node dalam jaringan kampus saling berhubungan melalui serat optik media mengambil keuntungan dari Gigabit Ethernet atau 10-Gigabit Ethernet teknologi. Dalam beberapa kasus, Wi-Fi hotspot atau bahkan zona panas membuat pengguna akhir dari jaringan, misalnya di pusat-pusat mahasiswa atau perpustakaan di mana banyak orang secara bersamaan menggunakan perangkat portable dan mobile seperti notebook dan tablet komputer untuk melakukan penelitian dan melakukan komunikasi.
Kadang istilah "kampus jaringan" digunakan dalam referensi untuk geografis pengguna internet beragam dengan kepentingan bersama, seperti Roosevelt Institute Kampus Network, sebuah inisiatif mahasiswa nasional, atau internasional Jaringan Kampus Berkelanjutan (iSCN), sebuah forum yang mendukung perguruan tinggi, universitas, dan perusahaan dalam pencarian mereka untuk keberlanjutan dalam penelitian dan pengajaran. 


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Campus Area Network (CAN) Description: Rating: 5 Reviewed By: Unknown
Scroll to Top